jek sinau

Sabtu, 19 November 2016

RPP KD 1.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
01

       Satuan Pendidikan                  : SMP .....................................
Kelas/Semester                        : IX/1
       Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Standar Kompetensi                : 1.   Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator Pembelajaran           :
·       Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan negara berkembang dengan tekun.
·       Membuat peta wilayah negara maju dan negara berkembang dengan teliti.
·       Menemutunjukkan negara maju dan negara berkembang dengan lebih mandiri dan punya prakarsa
·       Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan negara berkembang beserta alasannnya dengan lebih mandiri dan punya prakarsa
       Alokasi waktu                         : 6 x 40 Menit (3 x pertemuan)
       Bulan/Minggu ke                    :
      
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
  1. Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang dengan tekun
  2. Mengidentifikasi ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang dengan teliti
3.      Membuat peta wilayah Negara maju dan Negara berkembang dengan lebih mandiri dan punya prakarsa
  1. Memberi contoh Negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan Negara    berkembang beserta alasannya  dengan lebih mandiri dan punya

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi
  1. Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang dengan tekun
  2. Mengidentifikasi ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang dengan teliti
3.      Membuat peta wilayah Negara maju dan Negara berkembang dengan lebih mandiri dan punya prakarsa
  1. Memberi contoh Negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan Negara    berkembang beserta alasannya  dengan lebih mandiri dan punya




Ringkasan materi
1.   Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kwalitas hidup yang lebih tinggi, sedangkan negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan / kwalitas hidup taraf yang sedang atau dalam perkembangan. Penggolongan suatu negara menjadi negara maju atau negara berkembang berdasarkan indikator kuantitatif dan indikator kualitatif.

  1. Indikator Kuanitatif (data yang dapat dihitung)
1.      Jumlah dan kepadatan penduduk.
2.      Tingkat pertumbuhan penduduk.
3.      Angka beban ketergantungan.
4.      Usia harapan hidup.
  1. Indikator Kualitatif (data yang dapat dibandingkan)
1.      Tingkat pendidikan.
2.      Tingkat kesehatan.
3.      Mata pencaharian.
4.      Tingkat pendapatan.
Namun sampai sekarang belum ada ketentuan / standar yang baku untuk menentukan negara berkembang dan negara maju. Indikator yang sering dipergunakan untuk menentukan negara berkembang dan negara maju adalah penguasaan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sumber daya manusia, mata pencaharian penduduk, pendapatan perkapita penduduk. jumlah penduduk miskin, tingkat pengangguran, angka kematian bayi dan ibu melahirkan angka melek huruf.

2.      Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang
Ciri-ciri Negara maju
  1. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi, dijual diekspor.
  2. Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern.
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat.
  4. Pendapatan rata-rata penduduk tinggi.
  5. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi.
  6. Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi.
  7. Tidak tergantung pada alam.
  8. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah.
  9. Angka harapan hidup tinggi.
  10. Intensitas mobiltas tinggi.



Ciri-ciri Negara Berkembang.
  1. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga.
  2. Pada umumnya aktivitas masyarakat menggunakan sarana dan prasarana tradisional.
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban.
  4. Pendapatan relatif rendah.
  5. Pendidikan penduduknya rata-rata rendah.
  6. Sifat penduduk kurang mandiri.
  7. Sangat tergantung pada alam.
  8. Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi.
  9. Angka harapan hidup rendah.
  10. Intensitas mobilisasi rendah.

3.      Contoh Negara Maju dan Negara Berkembang
Negara maju dab negara berkembang antara lain:
1.      Jepang
Negara Jepang merupakan Negara Kepulauan ang terletak di wilayah Asia Timur dengan luas 377.837 km2. Wilayahnya membentang dari utara ke selatan sepanjang 2.400 km. Jepang terdiri dari empat pulau utama, yaitu Pulau Hokkaido (Yesso),
2.      Amerika Serikat
Negara Amerika Serikat terletak di Benua Amerika bagian utara. Amerika Serikat merupakan negara yang menduduki urutan ke-4 terluas di dunia. Luas wilayahnya sekitar 9.826.630 km2.
3.      Brazil
Negara Brasil merupakan negara terluas di Amerika Selatan. Lebih dari sepertiga Daratan Brasil dialiri oleh Sungai Amazon (sungai terbesar di dunia) dengan lebih dari 200 cabang sungainya.
4.      Mesir
Mesir terletak di kawasan Afrika Utara. Mesir merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan negara kita. Mesir sangat terkenal dalam bidang ilmu pengetahuan dan kesenian sejak abad ke 30.
5.      Arab Saudi
Negara ini terletak di Asia Barat tepatnya di Semenenjung Arab. Negara Arab di dirikan oleh Raja Abdul Azis bin Abdul Rahman Al Saud pada tanggal 23 September 1932, berbentuk Kerajaan. Ibu kota negara adalah Riyadh

A.    METODE PEMBELAJARAN            
1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Model              : Discovery Learning
3.      Metode            : Diskusi dan tanya jawab

B.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.    Media                            : Power Point , Hand out  dan LKS
2.    Alat                               : Laptop dan LCD
3.    Sumber  Belajar            : Buku BSE  IPS Kelas IX SMP / MTs. Jakarta, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Internet .













C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu
Pertemuan ke 1

Pendahuluan



1.      Memeriksa kehadiran siswa,kebersihan dan kerapian kelas
2.      Guru  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan mengajak berdoa bersama (relegius)
Apersepsi :
·         Guru menanyakan materi pelajaran minggu yang lalu

Motivasi :
·      memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menunjukkan gambar perkembangan pembangunan di negara maju dan negara berkembang

10 menit


Inti
Eksplorasi
·           Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari (rasa ingin tahu)
·           Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran beserta langkah-langkah pembelajaran yang akan di gunakan.


Elaborasi
Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok dengan anggota masing-masing 4 perserta.
1.      Mengamati / observasi :
a.       Masing masing kelompok mengamati gambar kemajuan iptek
2.       Menanya / questioning :
a.       Pada saat melakukan pengamatan, peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa pertanyaan yang muncul dari pengamatan yang dilakukan, Guru membantu mengarahkan agar terdapat beberapa pertanyaan pokok sbb :
1.         Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang dengan tekun
2.         Mengidentifikasi ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang dengan teliti

b.      Semua pertanyaan yang muncul ditulis di papan/ di slide agar peserta didik dapat menulis pertanyaan tersebut.

3.      Mengumpulkan Informasi
a.       masing masing kelompok berdiskusi membahas / menjawab pertanyaan tersebut.

4.      Mengasosiasi
Peserta didik menganalis data yang telah dikumpulkan dalam diskusi kelompok masing-masing tentang :
1.         Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang dengan tekun
2.         Mengidentifikasi ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang dengan teliti

5.      Mengkomunikasikan
a.       hasil diskusi masing-masing kelompok ditukar dengan kelompok lainnya  untuk memberikan komentar melalui tulisan:
1)      Kelompok A ke Kelompok B
2)      Kelompok B ke Kelompok C
3)      Kelompok C ke Kelompok D
4)      Kelompok D ke Kelompok E
5)      Kelompok E ke Kelompok F
6)      Kelompok F ke Kelompok A
b.      Selesai memberikan komentar, hasil diskusi dikembalikan kekelompok semula.
c.       Masing-masing kelompok memajang hasil diskusi nya di Mading yang telah disediakan.

Konfirmasi
  • Tanya jawab hal-hal yang belum diketahui   siswa 
  • Guru mengambil kesimpulan

60 menit

Penutup


1.    Guru memberikan motivasi “ Kalian telah berhasil mendiskusikan tugas dengan baik, silahkan hasilnya difoto kopi untuk arsip kalian dan akan diptesentasikan pada pertemuan mendatang”
2.    Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing

10 menit




PERTEMUAN 2  (2 x 40 menit)
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan



1.        Memeriksa kehadiran siswa,kebersihan dan kerapian kelas
2.        Guru  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan mengajak berdoa bersama (relegius)
Apersepsi :
·         Guru menanyakan materi pelajaran minggu yang lalu

Motivasi :
·      memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menunjukkan gambar peta persebaran negara maju dan negara berkembang.


10 menit


Inti
Eksplorasi
·           Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari (rasa ingin tahu)
·           Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran beserta langkah-langkah pembelajaran yang akan di gunakan.


Elaborasi
Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok dengan anggota masing-masing 4 perserta.
1.      Mengamati / observasi :
a.       Masing masing kelompok mengamati gambar Peta / Atlas persebaran negara maju dan negara berkembang
2.       Menanya / questioning :
a.       Pada saat melakukan pengamatan, peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa pertanyaan yang muncul dari pengamatan yang dilakukan, Guru membantu mengarahkan agar terdapat beberapa pertanyaan pokok sbb :
1.         Membuat peta wilayah Negara maju dan Negara berkembang dengan lebih mandiri dan punya prakarsa
2.         Memberi contoh Negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan Negara    berkembang beserta alasannya  dengan lebih mandiri dan punya


b.      Semua pertanyaan yang muncul ditulis di papan/ di slide agar peserta didik dapat menulis pertanyaan tersebut.

3.      Mengumpulkan Informasi
a.       masing masing kelompok berdiskusi membahas / menjawab pertanyaan tersebut.

4.      Mengasosiasi
Peserta didik menganalis data yang telah dikumpulkan dalam diskusi kelompok masing-masing tentang :
1.         Membuat peta wilayah Negara maju dan Negara berkembang dengan lebih mandiri dan punya prakarsa
2.         Memberi contoh Negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan Negara    berkembang beserta alasannya  dengan lebih mandiri dan punya

5.      Mengkomunikasikan
a.       masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya secara bergantian
1)      Kelompok D          yang menanggapi Kelompok A
2)      Kelompok E          yang menanggapi Kelompok B
3)      Kelompok F           yang menanggapi Kelompok C
b.      memberikan apresiasi kepada kelompok yang berhasil tampil dengan baik dan meluruskan hasil diskusi melalui tayangan di slide.
c.       Masing-masing kelompok memajang hasil diskusi nya di Mading yang telah disedakan.
Konfirmasi
  • Tanya jawab hal-hal yang belum diketahui   siswa
  •  Guru memberikan penguatan hasil diskusi dan memberikan apresiasi kepada kelompok yang berhasil tampil dengan baik dan meluruskan hasil diskusi melalui tayangan di slide

60 menit

Penutup


1.      Kesimpulan:
a.       Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2.      Refleksi :
a.       Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya:
1)      Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
2)      Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
b.      Menyampaikan materi yang akan datang
10 menit




Pertemuan ke 3

Pendahuluan


1.        Memeriksa kehadiran siswa,kebersihan dan kerapian kelas
2.        Guru  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan mengajak berdoa bersama (relegius)
Apersepsi :
·         Guru menanyakan materi pelajaran minggu yang lalu

Motivasi :
·      memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menunjukkan gambar peta persebaran negara maju dan negara berkembang.

10 menit


Inti
1.      Mengamati :
a.      Peserta didik mengamati peta dunia dan peta Indonesia untuk mencari tahu negara maju dan negara berkembang di lima Benua (Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australi ) dengan teliti
2.      Menanya :
a.       Pada saat melakukan pengamatan, peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa pertanyaan yang muncul dari pengamatan yang dilakukan, Guru membantu mengarahkan agar terdapat beberapa pertanyaan pokok sbb :
1.         Memberi contoh Negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan Negara    berkembang beserta alasannya  dengan lebih mandiri dan punya

b.      Semua pertanyaan yang muncul ditulis di papan/ di slide agar peserta didik dapat menulis pertanyaan tersebut.

3.      Mengumpulkan Data/ Informasi dan Mengasosiasikan
a.       masing masing kelompok membuka literatur dan  berdiskusi membahas / menjawab pertanyaan tersebut.

4.      Mengkomunikasikan
a.       hasil diskusi masing-masing kelompok ditukar dengan kelompok lainnya  untuk memberikan komentar melalui tulisan:
1)      Kelompok A ke Kelompok B
2)      Kelompok B ke Kelompok C
3)      Kelompok C ke Kelompok D
4)      Kelompok D ke Kelompok E
5)      Kelompok E ke Kelompok F
6)      Kelompok F ke Kelompok A
b.      Selesai memberikan komentar, hasil diskusi dikembalikan kekelompok semula.
c.       masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya secara bergantian
d.      Kelompok yang lain memberikan tanggapan dan menyampaikan pertanyaan
e.       Selesai Presentasi, guru meluruskan hasil diskusi melalui keterangan di slide
f.       Peserta didik memajang hasil diskusi pada mading kelas
60 menit









Penutup


1.      Kesimpulan:
a.       Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2.      Refleksi :
a.       Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya:
1)      Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
2)      Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini? Bagaimana sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru. (Jawaban ditulis di buku catatan peserta didik)
3.      Menyampaikan materi yang akan datang
4.      Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
10 menit









D.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.                  Penilaian Sikap (Lampiean 1)
a.       Jenis dan Teknik
b.      Bentuk Instrumen dan instrumen
c.       Pendoman Penskoran
2.                  Penilaian Pengetahuan (Lampiran 2)
a.         Jenis dan Teknik
b.         Bentuk Instrumen dan instrumen
c.         Pendoman Penskoran
3.                  Penilaian Keterampilan (Lampiran 3)
a.       Jenis dan Teknik
b.      Bentuk Instrumen dan instrumen
c.       Pendoman Penskoran




                    
 LAMPIRAN 1

A.       PENILAIAN SIKAP
1.                Teknik: Pengamatan/Observasi
a.    Indikator sikap spiritual:  
1)      Berdoa sebelum dan sesudah menjalan sesuatu
2)      Bersyukur atas nikmat dan karunia tuhan yang maha esa
3)      Menjaga lingkungan hidup disekitar rumah tempat tinggal dan masyarakat
4)      Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/Presentasi
5)      Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan  terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
b.    Indikator sikap jujur:
1)   Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
2)   Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
3)   Mengungkapkan perasaan apa adanya
4)   Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
5)   Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
c.    Indikator sikap toleran:
1)   Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
2)   Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
3)   Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
4)   Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
5)   Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
d.    Indikator sikap percaya diri:
1)   Mampu membuat keputusan dengan cepat
2)   Tidak mudah putus asa
3)   Tidak canggung dalam bertindak
4)   Berani presentasi di depan kelas
5)   Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan

2.        Instrumen Penilaian

LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Nama Peserta didik         : ................
Kelas                                : ................
Tanggal pengamatan        : ................
Materi Pokok                   :
No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan diskusi




2
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




3
Menjaga lingkungan hidup disekitar di sekitar kelas




4
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/Presentasi




5
Mengungkapkan kekaguman secara lisan terhadap kebesaran Tuhan.




Skor Maksimum



Beri tanda centang (√) sesuai dengan hasil pengamatan terhadap
siswa
Nilai akhir  menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan  nilai akhir menggunakan rumus

LEMBAR OBSERVASI SIKAP JUJUR, TOLERAN, PERCAYA DIRI
Nama Peserta didik         : ....................
Kelas                                 : ....................
Tanggal pengamatan       : ....................
Materi Pokok                   :

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
SIKAP JUJUR




1
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan




2
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)




3
Mengungkapkan perasaan apa adanya




4
Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan




5
Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya




Skor Perolehan

SIKAP TOLERAN




1
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat




2
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya




3
Dapat mememaafkan kesalahan orang lain




4
Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain




5
Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru




Skor Perolehan

SIKAP PERCAYA DIRI




1
Mampu membuat keputusan dengan cepat




2
Tidak mudah putus asa




3
Tidak canggung dalam bertindak




4
Berani presentasi di depan kelas




5
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




Skor Perolehan



Beri tanda centang (√) sesuai dengan hasil pengamatan terhadap siswa





Lampiran 2

B.       PENILAIAN PENGETAHUAN
1.         Teknik                 : Tes Tulis (Pilihan Ganda)
2.         Instrumen
Indikator : 
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
1. Jelaskan penggolongan negara-negara di dunia berdasarkan tingkat kemajuannya!
2. Jelaskan ciri-ciri Negara maju!
3. Jelaskan ciri-ciri negara berkembang!

Kunci Jawaban:
1. Menurut tingkat kemajuan, negara-negara di dunia digolongkan menjadi:
􀂐 Negara maju (developed country): ditandai dengan pendapatan perkapita tinggi dan kualitas penduduk yang tinggi.
􀂐 Negara berkembang: ditandai dengan pendapatan perkapita dan kualitas penduduk yang relatif rendah.
􀂐 Negara industri baru (newly industrialized country): negara berkembang yang sedang merintis perekonomiannya ke arah industry maju.

 2.a. Sebagian besar penduduk bekerja pada sektor industri
    b. SDM rata-rata berkualitas
    c. Pendapatan perkapita U$ 10.000
    d. Pertumbuhan penduduk 0,1% s/d 1% per tahun
    e. Angka kelahiran dan kematian rendah

3. a. Sebagian besar penduduk 
       bekerja  pada sektor
       pertanian
   b. Tingkat kehidupan masih
        rendah
   c.  pertumbuhan penduduk
       yang tinggi
  d. Pengolahan pertanian
      dengan tradisional

a.         Pedoman Penskoran:
No
No. Soal
Skor Soal
1.
2.
3.
01
02
03
40
30
30

Jumlah Nilai
100




























Lampiran 3
C.   PENILAIAN KETRAMPILAN
a.                                                                                                         Ketrampilan dalam diskusi
1.    Jenis/ bentuk   : Non tes
2.    Teknik             : Pengamatan
3.    Rubrik Pengamatan

No.
Nama Siswa
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Gagasan
Kerja sama
Inisiatif
Keaktifan
Kedisiplinan
1









2









3









4




















         Keterangan Skor :                          
Baik sekali       =    4                                             
Baik                 =    3                                             
Cukup              =    2                                             
Kurang             =    1                                             

4.    Pedoman Peskoran

Skor perolehan
Nilai     =                                          X  100
            Skor Maksimal

b.   Ketrampilan Produk
1.    Teknik                 : Penilaian Produk
2.    Instrumen
a.    Indikator : 
Menyajikan laporan Negara-negara Maju dan Negara Berkembang
b.    Rincian tugas
1)   Amatilah gambar peta persebaran Negara maju dan negara berkembang
2)   Berilah penjelasan sesuai dengan pertanyaan didalam LKS
c.    Rubrik penilaian produk :


Rubrik Penilaian Produk

Nama Peserta didik   : ....................
Kelas                           : ....................
Jenis Produk             : Tulisan Ilmiah Sederahana

No.
Aspek yang di nilai
Skor
Maksimal
Perolehan
1
Kesesuaian Peristiwa dengan tema
10

2
Sistematika tulisan
10

3
Bahasa yang digunakan
10

4
Ada sumber Informasi/literatur
10

5
Isi
10

6
Keaslian
10

Total Skor
60




Perhitungan  nilai akhir menggunakan rumus

 






LKS MENGIDENTIFIKASI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

1
2
 


                                   



1)       Amatilah gambar diatas dan berikan tanggapan kalian !
Gambar no 1
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Gambar no 2 ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2)      Apa yang dimaksud negara berkembang dan negara Maju !
Negara berkembang adalah ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Negara maju adalah ...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................






3)      Sebutkan masing-masing 4 indikator kuantitatif dan kualitatif dalam menentukan suatu negar, dapat dikatakan menjadi negara maju dan negara berkembang
a)      Indikator kuantitatif
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b)      Indikator kualitatif

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4)      Sebutkan ciri – ciri negara maju
a.    ..............................................................................................................................................
b.    ..............................................................................................................................................
c.     .............................................................................................................................................
d.    .............................................................................................................................................
e.    .............................................................................................................................................
f.     ..............................................................................................................................................

5)      Sebutkan ciri-ciri negara berkembang
a.    ..............................................................................................................................................
b.    ..............................................................................................................................................
c.     ..............................................................................................................................................
d.    ..............................................................................................................................................
e.    ..............................................................................................................................................
f.     ..............................................................................................................................................

























TUGAS DI RUMAH !

8
2
1
3
4
6
11
10
7
12
5
9
 
















Amatilah gambar di atas dan lengkapilah dengan menemutunjukkan Benua dan samudra !




















BENUA ASIA












 










































































BENUA AFRIKA
11
16
15
14
13
12
10
9
4
1
8
3
2
5
6
7












LKS contoh Negara Maju dan Negara Berkembang

Amatilah gambar di atas
BENUA ASIA
1.    Sebutkan negara – negara maju di kawasan Benua Asia
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Sebutkan negara – negara berkembang dikawasan Benua Asia
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
BENUA AMERIKA
1.    Sebutkan negara – negara maju di kawasan Benua Amerika
. ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



2.    Sebutkan negara – negara berkembang dikawasan Benua Amerika
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

BENUA AFRIKA
1.    Sebutkan negara – negara maju di kawasan Benua Afrika
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Sebutkan negara – negara berkembang dikawasan Benua Afrika
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

BENUA EROPA
1.    Sebutkan negara – negara maju di kawasan Benua Eropa
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Sebutkan negara – negara berkembang dikawasan Benua Eropa
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
BENUA AUSTRALIA
1.    Sebutkan negara – negara maju di kawasan Benua Australia
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Sebutkan negara – negara berkembang dikawasan Benua Australia
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Latihan soal
1.    Berikut yang bukan ciri-ciri negara pada tahap masyarakat tradisional adalah....
a.    Masyarakat sebagian besar bekerja di sektor pertanian
b.    Masyarakat belum produktif
c.    Industri menjadi sektor yang memimpin dan memacu pertumbuhan ekonomi
d.   Hubungan keluarga dan kesukuan masih sangat erat
  1. Diantara negara-negara berikut yang tidak termasuk negara maju adalah....
    1. Belanda                                               c. Mesir
    2. Australia                                              d. Singapura
  2. Penggunaan teknologi pada masyarakat semakin tinggi merupakan salah satu ciri tahap......
    1. Masyarakat tradisional                        c. lepas landas
    2. Prakondisi untuk lepas landas             d. gerak menuju kematangan
  3. Daerah yang paling padat penduduknya terdapat di Vietnam di kota....





































Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Sedangkan negara berkembang adalah istilah yang umum digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Kita telah mendalami tentang negara maju dan negara berkembang. Sekarang kami akan mengajak Anda untuk mengetahui daftar-daftar negara maju dan negara berkembang di dunia yang saya ambil dari peta dunia negara maju dan berkembang. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

1. Daftar Negara Maju di Dunia

1.1. Daftar Negara Maju Di Benua Eropa

  1. Austria
  2. Belgia
  3. Denmark
  4. Estonia
  5. Finlandia
  6. Perancis
  7. Jerman
  8. Republik Ceko
  9. Yunani
  10. Irlandia
  11. Italia
  12. Luxemburg
  13. Belanda
  14. Portugal
  15. Rusia
  16. Spanyol
  17. Swedia
  18. Britania Raya (Inggris)
  19. Andorra
  20. Hongaria
  21. Islandia
  22. Liechtenstein
  23. Monako
  24. Malta
  25. Norwegia
  26. San Marino
  27. Slovenia 
  28. Swiss
  29. Siprus
  30. Vatikan




1.2. Daftar Negara Maju di Benua Afrika

Berdasarkan laporan terkini, tidak ada satupun negara maju di benua Afrika. Dahulu negara Libya merupakan negara maju namun setelah ada gejolak politik disana maka negara Libya tidak dimasukan lagi dalam daftar negara maju.

1.3. Daftar Negara Maju di Benua Amerika

  1. Kanada
  2. Amerika Serikat

1.4. Daftar Negara Maju di Benua Asia

  1. Jepang
  2. Singapura
  3. Hong Kong
  4. Korea Selatan
  5. Israel
  6. Taiwan

1.5. Daftar Negara Maju di Benua Australia dan Oceania

  1. Australia
  2. Selandia Baru

2. Daftar Negara Berkembang di Dunia

2.1. Daftar Negara Berkembang di Benua Eropa

  1. Albania
  2. Azerbaijan
  3. Bosnia dan Herzegovina
  4. Bulgaria
  5. Belarus
  6. Georgia
  7. Kroasia
  8. Kosovo
  9. Latvia
  10. Lithuania
  11. Makedonia
  12. Montenegro
  13. Ukraina
  14. Moldova
  15. Polandia
  16. Romania
  17. Serbia
  18. Turki


2.2. Daftar Negara Berkembang di Benua Afrika

  1. Algeria
  2. Djibouti
  3. Mesir
  4. Djibouti
  5. Libya
  6. Mauritania
  7. Maroko
  8. Sudan
  9. Sudan Selatan
  10. Tunisia
  11. Angola
  12. Benin
  13. Botswana
  14. Burkina Faso
  15. Burundi
  16. Kamerun
  17. Cape Verde
  18. Republik Afrika Tengah
  19. Chad
  20. Komoro
  21. Republik Demokratik Kongo
  22. Republik Kongo
  23. Ivory Coast
  24. Guinea Khatulistiwa
  25. Eritrea
  26. Ethiopia
  27. Gabon
  28. Gambia
  29. Ghana
  30. Guinea
  31. Guinea-Bissau
  32. Kenya
  33. Lesotho
  34. Liberia
  35. Madagaskar
  36. Malawi
  37. Mali
  38. Mauritus
  39. Mazambik
  40. Namibia
  41. Niger
  42. Nigeria
  43. Rwanda
  44. Sao Tome and Principe
  45. Senegal
  46. Seychelles
  47. Sierra Leone
  48. Afrika Selatan
  49. Swaziland
  50. Tanzania
  51. Togo
  52. Uganda
  53. Zambia
  54. Zimbabwe

2.3. Daftar Negara Berkembang di Benua Amerika

  1. Antigua dan Barbuda
  2. Argentina
  3. Bahama
  4. Barbados
  5. Belize
  6. Bolivia
  7. Brazil
  8. Chili
  9. Kolombia
  10. Kosta Rika
  11. Dominika
  12. Republik Dominika
  13. Ekuador
  14. El Salvador
  15. Grenada
  16. Guatemala
  17. Guyana
  18. Haiti
  19. Honduras
  20. Jamaika
  21. Meksiko
  22. Nikaragua
  23. Panama
  24. Paraguay
  25. Peru
  26. St. Kitts and Nevis
  27. St. Lucia
  28. St. Vincent and the Grenadines
  29. Suriname
  30. Trinidad and Tobago
  31. Uruguay
  32. Venezuela







2.4. Daftar Negara Berkembang di Benua Asia

  1. Armenia
  2. Kazakstan
  3. Kirgistan
  4. Mongolia  
  5. Tajikistan
  6. Turkmenistan
  7. Uzbekistan
  8. Afghanistan
  9. Bangladesh
  10. Bhutan
  11. Brunei Darussalam
  12. Kamboja 
  13. Cina
  14. Fiji
  15. India
  16. Indonesia
  17. Kribati
  18. Korea Utara
  19. Laos
  20. Malaysia 
  21. Maldives
  22. Myanmar
  23. Nepal
  24. Pakistan
  25. Palestina
  26. Papua Nugini
  27. Filipina
  28. Samoa
  29. Solomon
  30. Sri Lanka
  31. Thailand 
  32. Timor Leste 
  33. Tonga
  34. Tuvalu
  35. Vanuatu
  36. Vietnam
  37. Bahrain
  38. Iran
  39. Irak
  40. Yordania
  41. Kuwait
  42. Libanon
  43. Oman
  44. Qatar
  45. Arab Saudi
  46. Suriah
  47. Yaman
  48. Uni Emirat Arab

2.5. Daftar Negara Berkembang di Benua Australia dan Oceania

  1. Fiji
  2. Kribati
  3. Kepulauan Marshall
  4. Federasi Mikronesia
  5. Nauru
  6. Palau
  7. Samoa
  8. Solomon
  9. Tonga
  10. Tuvalu
  11. Vanuatu
Sumber:
1. Negara maju (id.wikipedia.org)
2. Pencarian Google (google.com)
4. Brunei (id.wikipedia.org)
5. Siprus (id.wikipedia.org)
6. Malta (id.wikipedia.org)
7. Developing country (en.wikipedia.org)
8. Daftar negara di Oseania (id.wikipedia.org)



















Tidak ada komentar: